News Update :
Home » » Skill 11 Adjective Clause Structure and Written Expression TOEFL

Skill 11 Adjective Clause Structure and Written Expression TOEFL

Penulis : citrapriski on Friday, April 21, 2017 | 7:39 AM

Skill 11 Adjective Clause
Adjective Clause merupakan klausa yang berfungsi seperti adjective (kata sifat) yaitu “menerangkan kata benda’. Hanya saja, posisinya tidak persis sama. Apabila kata sifat (adjective) normalnya sebelum noun yang dideskripsikan, sementara adjective clause berada setelah noun-nya.
Perhatikan kalimat berikut.
1.      The woman is filling the glass that she put on the table.*
                                                      Adjective Clause
(Wanita itu sedang mengisi gelas yang dia letakan di meja)
2.      The glass that she put on the table contains milk.
                             Adjective Clause
 (Gelas yang dia letakan di meja berisi susu)


Adjective Clause 
Pada kalimat No.1, terdapat dua klausa:, woman merupakan subjek dan kata kerja is filling, dan she merupakan subjek dan kata kerja ‘put’. That merupakan konektor adjective clause yang menghubungkan kedua klausa di atas. Dan, adjective clause ‘that she put on the table’ menerangkan kata benda glass.

Pada kalimat No.2, juga terdapat dua klausa . Kata “glass” merupakan subjek dan verb “contains” dan “she” merupakan subjek dan verb ‘put”. That merupakan kata penghubung adjective clause. Maka, adjective clause “that she put on the table” adalah menerangkan kata benda “glass.
Perhatikan contoh di bawah mi, sebagaimana pola kalimat mi akan muncul dalam soal tes Structure TOEFL.
The gift ____________ selected for the bride was rather expensive.
(A) because
(B) was
(C) since
(D) which we

Kalimat di atas mempunyai 2 klausa: gift merupakan subjek dan kata kerja was, dan kata kerja ‘selected’ membutuhkan sebuah subjek. Karena ada dua 2 k!ausa maka dibutuhkan sebuah connector. Jawaban (A) dan (C) terdapat connector, tapi tidak ada subjek. Jadi, bukan jawaban tepat. Adapun jawaban (B) mengubah selected menjadi passsive. Jika memilih jawaban mi maka subjek gift’ akan mempunyai dua subjek: was selected dan was. Jawaban mi tidak benar karena terdapat dua verb, tapi tidak ada connector untuk menyambunçj keduanya. Dan segi makna sangat jelas salahnya.  Maka, jawaban yang benar adalah (D), which we. Which (konektor), we (subjek).  The gift which we selected for the bride was rather expensive. (Hadiah yang kita pilih untuk pengantin perempuan agak mahal.)
TIPS ADJECTIVE CLAUSE 
 
Share this article :

1 comment:

 
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger