News Update :
Home » » Skill 10 Use noun clause connector/subjects correctly Structure and Written Expression TOEFL

Skill 10 Use noun clause connector/subjects correctly Structure and Written Expression TOEFL

Penulis : citrapriski on Friday, April 21, 2017 | 7:20 AM



Skill 10 Use noun clause connector/subjects correctly (Gunakan Secara Tepat Konektor Noun Clause yang Berfungsi Sebagai Subjek)
Pada Skill 9, sudah kita pelajari bahwa noun clause connector berfungsi sebagai kata penghubung. Dalam skill 10 ini, kita akan mempelajari bahwa kata penghubung noun clause tidak hanya berfungsi sebagai connector, tapi juga dapat sekaligus menjadi subjek dan noun klausa.

1.     You do not know what is in the box. (Kamu tidak mengetahul apa yang ada di kotak itu).        
      (Noun Clause sebagai Subject dan Verb)
2.    We are concerned about who will do the work. (Kami risau tentang siapa yang akan melakukan pekerjaan itu). 
      Noun Clause sebagai Subject dan Preposition)
3.    Whoever is coming to the pafly must bring a gift. (Siapapun yang datang ke pesta itu harus membawa sebuah kado).
      (Noun Clause sebagai Subject)


Pada contoh No.1, terdapat dua klausa, You do not know dan what is in the box. Kedua klausa ini dihubungkan oleh connector (kata penghubung) what. Perlu diketahui dalam kalimat ml connector ‘what’ memunyai dua peran: sebagai subjek dan verb ‘is dan sebagai connector yang menghubungkan kedua klausa.
Pada contoh No.2, terdapat dua klausa. Pada klausa pertarna, we merupakan subjek dan are. Pada klausa kedua, who merupakan subjek dan will do. Who juga berfungsi sebagai connector yang menghubungkan antara kedua klausa tersebut. Noun clause who will do the work berfungsi sebagal objek dan preposisi about.
Pada contoh No.3, juga terda pat dua klausa: whoever sebagai subjek dan is coming. Whoever is coming to the party merupakan subjek dan must bring. Kata connector ‘whoever’ berfungsi sebagai subjek dan kata kerja is coming dan juga sebagai connector yang menghubungkan kedua klausa tersebut. Perhatikan contoh berikut, bagaimana pola kalimat ini diujikan dalam tes TOEFL.
__ was on television made me angry (di televise membuatku marah)
(A) It 
(B) The story
(C) What
(D) When

Dapat segera diketahui bahwa kalimat di atas memunyai 2 verb (was dan made) dan setiap verb butuh subjek. Jawaban (A) dan (B), karena subjek ‘It’ dan ‘the story’ tidak bisa menjadi subjek dan 2 verb (was dan made) sekaligus. Jawaban (D) jelas salah, karena when bukanlah sebuah subjek. Pada jawaban (C) kata what dapat berfungsi sebagai subjek dan was dan juga sebagal connector kedua klausa di atas; noun clause “what was on television’ menu pakan subjek dan verb “made”. Karen anya, jawaban terbaik yaitu (C), What.
TIP NOUN CLAUSE CONNECTOR /SUBJECT
Share this article :

Post a Comment

 
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger